Berita Dinas

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, pada tahun 2023 ini diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi dengan melaksanakan upacara pada hari Senin tanggal 2 Oktober 2023 di halaman Pendapa Wedya Graha. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, yang diikuti oleh para peserta yang terdiri dari anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, TNI, Polri, ASN, mahasiswa, dan pelajar.

Dalam peringatan kali ini Ketua DPRD Ngawi membacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek. Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Selain itu, dalam upacara Bupati Ngawi memberikan apresiasi kepada putri asli Ngawi yang berhasil mengharumkan nama Ngawi di kancah nasional karena prestasinya meraih juara 1 sehingga mendapatkan medali emas di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga bulutangkis putri yang diselenggarakan di Jakarta, yaitu Hasna Yusria Dyanita, siswa SMPN 3 Karangjati. ” Di momen Hari Kesaktian Pancasila kita patut berbangga adik kita telah sukses berjuang di tingkat nasional dengan menjuarai 02SN, semoga keberhasilannya dapat menginspirasi siswa-siswi di Kabupaten Ngawi”, ujar Bupati Ngawi.