Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama

SARASEHAN PEMBAURAN ANTAR SUKU

Penyelenggaraan pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penyelengaraan pembauran kebangsaan di kabupaten/kota menjadi tanggungjawab dan dilaksanakan oleh masyarakat, difasilitasi dan dibina oleh pemerintah kabupaten/kota.

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan. FPK mempunyai tugas menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, dan masyarakat, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan, dan merumuskan rekomendasi kepada bupati/walikota sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

Pada tanggal 1 November 2023, bertepatan dengan hari Rabu Legi, FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN (FPK) dengan difasilitasi oleh BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK Kabupaten Ngawi menyelenggarakan SARASEHAN PEMBAURAN ANTAR SUKU di Gedung Kesenian. Selaku narasumber adalah perwakilan dari Polres Ngawi dan Kodim 0805/Ngawi, dengan moderator Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kabupaten Ngawi. Sedangkan peserta terdiri dari masyarakat dan pelajar berbagai suku yang tinggal di Ngawi.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Bupati Ngawi yang diwakili oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Ngawi, Kusumahadi Widjajanto, S.E., M.Si. Selanjutnya Drs. AKBP (Purn.) I Wayan Murtika selaku Ketua FPK Kabupaten Ngawi menyampaikan sambutan di hadapan hadirin yang hadir sekira 100 orang. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber Kapten (Inf) Amin Sutikno (Danramil 0805/12 Mantingan) dan AKP Suyitno, S.H. (Kasat Binmas Polres Ngawi).