15 May 2024
Berita DinasBidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama

TAHAP PERTAMA: SELEKSI PASKIBRAKA TINGKAT KABUPATEN NGAWI TAHUN 2024

Seleksi Paskibraka telah menuntaskan lima tahapan tes dari delapan tes yang harus diikuti oleh peserta. Kelima tes tersebut adalah:

  1. Administrasi
  2. Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
  3. Tes Intelegensia Umum (TIU)
  4. Kesehatan, dan
  5. Parade.

Sedangkan tes yang masih harus dilaksanakan adalah:

  1. PBB
  2. Samapta
  3. Kepribadian/Wawancara

Dari 487 pendaftar hanya 180 peserta yang dinyatakan lolos administrasi, 238 sisanya tidak memenuhi syarat yang antara lain disebabkan tinggi badan dan/atau berat tidak memenuhi ketentuan, berkas yang di-upload tidak lengkap, dan akun ganda (peserta mendaftar lebih dari satu akun dengan menggunakan NIK yang berbeda).

Tes Pancasila dan Wawasan Kebangsaan serta TIU dilaksanakan secara online melalui Aplikasi Perisai Paskibraka BPIP. Peserta harus hadir di lokasi tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Peserta yang tidak hadir dinyatakan tidak lolos dan tidak dapat mengikuti tes selanjutnya. Dokumentasi dapat diakses melalui https://youtu.be/EfXW_VpO1oU dan https://youtu.be/AVSskqTDFmA.

Tes Kesehatan terdiri dari tim Dokter dan paramedis PSC 119 Ngawi dan Dokkes Polres Ngawi. Tes ini mencakup antara lain; pengukuran berat badan dan tinggi badan, isihara (tes buta warna), visus (tes mata), X been dan O been yang melebihi ambang batas (5cm), flat foot (kaki rata), tes kehamilan bagi peserta putri, dan pemeriksaan umum lainnya. Dokumentasi dapat diakses melalui https://youtu.be/j4q530xz8WE.

Tes Parade merupakan penilaian atas postur peserta dengan cara memotret dan mengecek Tinggi Badan, Berat Badan, bertindik bagi peserta putra, bertatto, dan berkacamata. Dokumentasi dapat diakses melalui https://youtu.be/kkdqKB10dDE.

Ketiga tes yang tersisa akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Seluruh tahapan tes yang dilakui melibatkan panitia seleksi dari unsur Bakesbangpol; Dinas Kominfo, Persandian dan Statistika, TNI/Polri; Dokter dan Paramedis; Psikolog; Akademisi; serta DPPI Kabupaten Ngawi.

@revolusimental_id

#ngawitopmarkotob
#ngawingangeni
#ngawiramah
#kesbangpolngawi
#paskibraka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *